7 Manfaat Berpuasa Bagi Tubuh Manusia

Isi Konten [Tampilkan]
السَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَ بَرَكَاتُهُ

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ



     Kaum muslimin & muslimat, ikhwan & akhwat sahabat DA'I yang dimuliakan ALLAH SWT.
Pada kesempatan kali ini, kami akan membagikan pengetahuan tentang ;


7 manfaat berpuasa bagi tubuh manusia

     Selain mewajibkan berpuasa dibulan suci ramadhan kepada hamba-hambanya, ALLAH SWT ternyata memberikan berbagai manfaat dibalik payahnya kita berpuasa menahan lapar dan dahaga dalam sehari selama sebulan lamanya.
    Selain menahan ujian berupa jasmani seperti menahan rasa lapar dan dahaga, kita juga diperintahkan menahan ujian rohani berupa menjaga hati, menahan nafsu, menahan amarah, emosi, syahwat, DLL.

ALLAH SWT memberikan perintah puasa dibulan ramadhan sebagai kewajiban bagi ummat islam, sebagaimana yang tercantum dalam AL-QUR"AN  :


يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

Ayat tentang puasa ini memiliki arti: “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.” 
QS. Al-Baqarah Ayat 183 ) .

   Langsung saja kita memasuki manfaat berpuasa ramadhan :

  • Memperbaiki Pola Makan
    Kabar gembira bagi Anda yang memiliki pola makan yang buruk di keseharian. Kebiasaan mengonsumsi makanan secara berlebihan ternyata bisa ditekan dan ditahan lewat puasa, lho.
Sebagaimana yang kita ketahui, saat berpuasa seseorang hanya boleh makan di waktu tertentu yaitu saat berbuka dan sahur. Dari situ, Anda akan terbiasa untuk mengatur pola makan secukupnya dengan waktu terjadwal. 


  • Membuang Racun Dalam Tubuh
Tahukah Anda bahwa setiap harinya tubuh bisa terpapar racun lewat makanan yang dikonsumsi atau hasil metabolisme?. Pada dasarnya, tubuh manusia memiliki cara kerja sendiri untuk membersihkan racun seperti lewat keringat dan air kencing. Tapi, akan lebih baik kalau Anda membantu tubuh melakukan detoksifikasi guna membuang racun. 
Bagaimana caranya? Salah satu tipsnya adalah berpuasa. Selama puasa, hampir seharian penuh tubuh tidak mendapatkan asupan makanan juga minuman. Dengan begini, sistem pencernaan memiliki waktu untuk beristirahat dan memaksimalkan kinerjanya dalam melakukan detoksifikasi. 

  • Membantu Menurunkan Berat Badan
Manfaat puasa ketiga adalah dapat membantu menurunkan berat badan. 
Nah, kalau Anda sedang menjalankan program diet, puasa bisa menjadi salah satu solusinya. Ketika berpuasa, tubuh hanya menyimpan cadangan energi dalam bentuk glukosa pada otot dan hati. 
Saat cadangan energi mulai digunakan, tubuh akan membakar lemak sebagai sumber energi baru. Proses inilah yang kemudian membuat berat badan berkurang. Namun, di sisi lain pola makan di waktu berbuka juga perlu dikontrol agar tidak berlebihan. Pasalnya, sering kali seseorang akan kalap makan banyak setelah seharian menahan lapar. 


  • Meningkatkan Fungsi Otak
Pernah dengar mengenai Brain Derived Neurotrophic Factor (BDNF)? Jadi, BDNF merupakan protein pada otak yang memiliki banyak fungsi seperti mencegah kematian neuron yang ada serta memberikan sinyal berkembangnya neuron baru.
Dengan berpuasa, maka produksi BDNF pada otak akan meningkat. 
Alhasil, sel otak pun akan terlindung dari kerusakan yang menyebabkan penyakit pikun. 
Manfaat puasa bagi fungsi otak lainnya adalah membantu menyingkirkan sel-sel mati pada otak dan mencegah penyakit neurodegeneratif terjadi. 

  • Memperbaiki Sensitivitas Insulin
Ternyata dengan berpuasa mampu memberikan efek positif pada sensitivitas insulin. Insulin sendiri merupakan hormon yang berperan mengendalikan kadar gula dalam darah. Selain itu, hormon yang diproduksi oleh pankreas ini juga berfungsi mengubah glukosa menjadi energi. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa setelah puasa, insulin dalam tubuh bekerja lebih efektif untuk mengelola glukosa dalam darah. 

  • Membantu Awet Muda
Setiap orang pastinya ingin memiliki tubuh serta wajah yang awet muda. Untuk mewujudkannya, salah satu caranya adalah dengan memperbanyak berpuasa. Percaya atau tidak, sebenarnya semakin sedikit kebiasaan seseorang makan, maka hal tersebut bisa membantu tubuh dan wajah menjadi lebih awet muda. 
Sebab, metabolisme tubuh terjadi lebih cepat. Sekedar informasi, salah satu pemicu terjadinya penuaan dini adalah lambatnya proses metabolisme akibat terlalu banyak makan. 

  • Meminimalisasi Risiko Penyakit Jantung
Dalam sebuah penelitian, ilmuwan pernah menyebutkan bahwa berpuasa secara teratur bisa membantu tubuh menurunkan resiko penyakit jantung. Bagaimana bisa? Pertama, puasa bisa membawa manfaat berupa menstabilkan tekanan darah serta menurunkan kadar kolesterol.
Ketika dua hal ini tak dijaga keseimbangannya, maka seseorang akan berpotensi mengalami hipertensi. Penyakit hipertensi sendiri bisa menjadi pemicu penderitanya mengidap penyakit jantung dan stroke. 
Manfaat puasa  ini akan lebih terasa apabila saat sahur juga berbuka diimbangi dengan pilihan menu sehat sekaligus menghindari makanan mengandung lemak seperti junk food dan gorengan
.  Itulah demikian 7 manfaat puasa bagi tubuh manusia. Selama puasa, kita juga bisa mengisi waktu luang yang ada dengan kegiatan positif seperti membaca Al-Quran, mendengarkan kajian agama, dan sedekah, agar puasa tahun ini membawa lebih banyak berkah sekaligus meningkatkan pahala. 


  Demikianlah sedikit pengetahuan yang bisa kami berikan kepada ikhwan & akhwat sahabat DA'I.

Semoga bisa menjadi manfaat bagi kita semua, serta dapat meneguhkan iman dan ketaqwaan kita semua.
Sehingga kita dapat mengambil hikmah dari apa yang kita dapatkan dari pengetahuan ini.
Sekian yang dapat kami sampaikan, segala kelebihan hanya dimiliki oleh ALLAH SWT, dan segala kekurangan dari kami pribadi.
     JIKA terdapat kekurangan dari apa yang kami sampaikan, atau jika ada kritikan maupun masukan dalam hal apapun, jangan sungkan untuk menghubungi kami dibawah ini




والله أعلم







Belum ada Komentar untuk "7 Manfaat Berpuasa Bagi Tubuh Manusia"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel